Tuesday, April 4, 2017

Pertanyaan Menarik Seputar MPASI dan Jawabannya


Karena bakal punya bayi lagi, saya pun kembali ngubek-ngubek grup parenting yang sudah lama tak saya tengok lagi, salah satunya grup Homemade Healthy Baby Food (HHBF). HHBF ini grup facebook tentang MPASI dan asupan untuk balita yang diawasi oleh admin yang berkompeten. Teori MPASI mereka mengacu pada aturan WHO ya, jadi kalau niat buat MPASI dengan sistem baby led weaning bukan di HHBF tempatnya.

Di grup HHBF ini saya menemukan beberapa pertanyaan bagus dari ibu-ibu dan tak jarang saya pun tak tau infonya. Ya udah, sekalian saya jembrengin aja dimari beserta jawaban dari para admin. Jadi ini jawabannya bukan dari saya ya (yaiyalah, siapa gue sok-sokan njawab soal gizi dan kesehatan anak, wkwk)

1| Kalau MPASI yang dibuat hari ini, masih bolehkah disimpan di kulkas untuk makan lagi keesokan harinya?

Boleh sekali masak untuk tiga kali makan. Simpan per porsi di wadah tertutup, masuk kulkas (jika tidak ada kulkas, simpan di suhu ruang), saat akan makan keluarkan dari kulkas beberapa saat, hangatkan dengan cara masukkan ke magic com atau rendam di air hangat. Jangan dihangatkan di atas kompor, jadi pemasakan berulang. Maksimal tahan dua hari di kulkas bawah. Bubur yang sudah matang tidak disarakan untuk dibekukan. 

Untuk udang dan hewani lain memang semakin lama disimpan kandungan histaminnya akan meningkat. Untuk anak yang tidak alergi, tidak masalah. Untuk anak alergi sebaiknya hindari menyimpan hewani dalam waktu lama.

2|Umur berapa karbo dalam bentuk mie dan bihun sudah boleh diberikan?


Sudah boleh diberikan mulai umur 8 bulan ke atas. Lebih baik yang dibuat sendiri atau menggunakan mie telur kering, bukan mie instan. Mie bisa disajikan dengan cara dicincang atau disesuaikan dengan kemampuan mengunyah bayi.

3| Mengapa kurma tidak boleh diberikan pada anak kurang dari 1 tahun ya? Karena setahu saya, kurma adalah makanan pertama yg digunakan untuk mentahnik bayi sesuai dg ajaran Rasulullah SAW ketika bayi baru lahir.

Kurma yang masuk ke Indonesia sebagian besar adalah manisan kurma yang sudah ditambah gula dan bahan lain atau kurma kering. Buah yang dikeringkan kadar gulanya meningkat tajam.

Lain hal jika tinggal di negara yang bisa dengan mudah mendapat kurma segar. Oleh karena alasan tersebut kami menganjurkan kurma baru dikonsumsi saat anak sudah berusia satu tahun ke atas.

4| Apakah oat bisa dipakai untuk MPASI?

Boleh, sebaiknya gunakan oat yang harus dimasak terlebih dahulu.

5| Apakah benar tepung beras tidak dianjurkan untuk MPASI?

Tepung-tepungan TIDAK disarankan untuk MPASI, apalagi MPASI perdana. Tepung cenderung membuat anak lebih mudah sembelit karena terlalu berserat dan porsinya cenderung lebih banyak (satu sendok nasi dengan satu sendok tepung beras jumlahnya lebih banyak tepung beras). Dan yang paling penting, anak tidak dapat mengenal tekstur asli dari bahan makanan tersebut. Kalau anak terbiasa makan tepung beras, ketika diberi bubur nasi bertekstur dia akan bingung, dan kemungkinan akan mogok makan. Kenalkan anak dengan makanan keluarga, kita gak makan tepung kan?

Tepung-tepung khusus bayi yang banyak dijual di pasaran juga tidak disarankan. Bahan tepung boleh untuk anak 8m+. Tapi bukan sebagai menu utama, melainkan sebagai bahan untuk membuat kue atau cemilan.

6| Kaldu jamur bubuk yang biasa dijual di supermarket aman tidak ya buat MPASI?

Untuk ibu-ibu yang tergoda dengan makanan/bumbu kemasan dengan label "non msg", yuk kenali nama lain kandungan si penguat rasa buatan alih-alih yang punya nama "monosodium glutamat/msg"

Penguat rasa dalam kemasan selain msg adalah : asam glutamat, glutamat, monopotasium glutamat, monokalium glutamat, kalsium glutamat, magnesium glutamat, monoamonium glutamat, natrium glutamat, apapun dengan kata "hydrolized/terhidrolisa", kalsium kaseinat, autolyzed kaseinat, autolyzed yeast, gelatin, textured protein, whey protein, dll apapun dengan kata "protein".

Gunakan penyedap rasa alias glutamat alami untuk membuat kaldu akan lebih baik, antara lain : bawang merah/putih/bombay, aneka jamur segar, tulang ikan/punggung-ceker ayam/tulang kaki sapi/kulit-kepala udang, tomat dll.

7| Kapan kiranya anak boleh makan Coklat, Teh dan Kopi ?

Kue olahan coklat yang memakai bubuk kakao boleh 1y+. Bukan coklat batangan, pertimbangkan kandungan gulanya.

Teh dan kopi dapat menghambat penyerapan zat besi sebaiknya tunda dulu minimal sampai usia sekolah.

Nah itu dia, beberapa pertanyaan dari member HHBF yang menurut saya menarik dan bermanfaat tentunya. Beberapa kata sudah saya tambah, kurangi, atau edit agar lebih enak dibaca.

Kalau mau tau lebih lanjut seputar ilmu perMPASIan sampai inspirasi resep sesuai umur bayi atau pun saat traveling, saya rekomendasikan banget deh buat gabung di HHBF. Grupnya teratur dan adminnya juga ketat dalam memfilter informasi yang masuk, termasui sumbangan resep dari member.

1 comment:

  1. *_* Hmm, ini pas artikelnya buat aku. Belom punya anak sih... calon suami juga belom, entah nyasar ke mana...tapi kan nanti juga punya :D

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES