Thursday, August 3, 2017

List Belanja Perlengkapan Bayi untuk Adiknya Alif


"Tik...tik...tik... waktu berdetik tak mungkin bisa kuhentikan..."

Daaan tak terasa hari perkiraan lahir makin dekat, kurang dari sebulan lagi, hwaaa. Pengen banget bilang Alhamdulillah, semua list perlengkapan bayi udah kebeli tapi sayangnya kenyataan tak selalu sesuai dengan keinginan. Masih banyak banget...nget...nget... yang belum kebeli.


Kalau mikirin list perlengkapan bayi bikin stres sendiri, belum nunggu pengirimannya, belum prewashnya, ntar kalau HPLnya maju kayak Alif dulu gimana??

Tapi mau gimana lagi, pak suami kekeuh surekeuh mau nunggu honor cair dulu, gak mau ngutak atik dana lahiran. Keselnya honor-honor ngeblog juga banyak yang belum cair, kalau udah cair semua mah saya beli sendiri semuanya, gak usah nunggu pak suami deh, ujung-ujungnya kesel sendiri karena proposal ditolak terus, haha.

Ya udahlah, buat ngilangin stres mari kita bikin postingan list perlengkapan bayi biar kayak ibu-ibu blogger lain, sekaligus buat nyindir pak suami siapa tau mata hatinya terbuka, wkwkwk meskipun mustahil sih kayaknya.

1. Perlengkapan Ibu

- Bra Menyusui
- Korset, pengen yang merk Mooimom tapi kok harganya lumayan juga ya, heuheu.
- Maternity Pad, beberapa orang ada yang nyaman pake pembalut biasa tapi ada juga yang lebih suka pembalut khusus lahiran. Saya sendiri sih prefer yang khusus lahiran, lebih enak aja buat duduk saat jahitan masih basah. Atau kalau yang lebih enak lagi tuh pakai pad buat lansia itu (apa sih namanya?), cuma gede banget pas dipake.
- Breastpad, yang sekali pakai. Pernah nyoba merk Pigeon sama Mamapad. Lebih enak yang Pigeon tapi yang Mamapad lebih murah. Jadi lebih milih yang Mamapad aja karena butuhnya banyak banget dan Mamapad juga lumayan sih. Eh tapi sekarang ada merk Gabag juga yang harganya murah jadi pengen nyoba juga.
- Daster bukaan depan
- Jilbab Instan buat cepet-cepatan kalau nerima tamu atau lagi di Rumah Sakit.

2. Perlengkapan Menyusui

- Breast Pump, yang manual aja merk Unimom, baca-baca sih reviewnya bagus. Dulu Alif pake merk Pigeon, udah ilang dipakai mainan sama ponakan-ponakan dan sekarang harganya naik banget. Buat ibu rumah tangga kayak saya, pompa manual kayaknya udah cukup banget karena bakal lebih banyak direct breastfeeding.
- Kantong ASI, kulkas di rumah cuma satu pintu jadi prefer pake kantong timbang botol.
- Botol ASI standar neck, buat ganti-ganti botol breastpumpnya,
- Botol Susu alias dot yang standar neck ukuran 120 ml, buat ngasi ASIP ke bayinya sekaligus bisa langsung nyambung ke breast pumpnya. Merk Pigeon atau Nuk yang murah aja ya cyiin tapi pilih yang ada anti koliknya. Btw, dulu waktu Alif bayi, saya idealis banget. Belinya botol Tomee Tippie yang harganya lumayan tapi sama aja ternyata dan botolnya juga gede banget. Sekarang mah beli yang terjangkau aja deh, hemaaatt.
- Apron Menyusui, beberapa ibu ada yang menganggap apron ini gak penting karena bisa diakali pake jilbab aja. Tapi menurut saya apron ini berguna banget karena kalau pake jilbab itu suka disibak-sibak sama si bayi dan gak sempurna nutupin dadanya. Apron menyusui saya pas jamannya Alif ada di kakak ipar sih, gak tau masih ada apa gak jadi beli lagi aja lah yang murah-murah, yang penting fungsinya, heuheu.

3. Perlengkapan Mandi

- Baby Bather, awalnya mau beli bak mandi biasa aja, wong saya udah bisa mandiin bayi kok dari pengalamannya Alif dulu. Tapi baca reviewnya mbak Enny Law, jadi mupeng juga pengen nyobain mandiin bayi pake baby bather, kayaknya lebih praktis, bisa dibawa traveling juga. Baby bather ini salah satu list yang udah dibeli, harganya 100 ribuan aja.
- Handuk, beli handuk biasa aja yang buat orang gede tapi yang berkualitas. Pake handuk bayi yang lembut itu kok kayaknya kurang nyerap air.
- Washlap
- Sabun Mandi Cair 2 in 1, ini kayaknya gak usah beli sih. Pake punya Alif aja dan saya juga bukan ibu yang makein macem-macem ke anaknya jadi perlengkapan groomingnya ya cukup sabun aja, gak pake parfum atau cream-cream.an aneh-aneh.
- Minyak Telon, ini juga, pake punya mas Alif aja lah.

4. Baju Bayi

- Setelan panjang
- Setelan Pendek
- Sleepsuit
- Bedong
- Bedong Instan
- Gurita Instan, biar gak ribet, nyari kaos dalam khusus newborn juga rata-rata masih kebesaran biasanya.
- Topi bayi, dulu Alif gak saya belikan topi bayi dan orang-orang kayak kaget campur prihatin gitu kok bisa-bisanya gak nyiapin topi buat bayi. Padahal menurut saya topi ini gak penting-penting banget sih, tapi daripada dicerewetin orang-orang lagi, ya udah beli aja deh.
- Set sarung tangan dan kaki, jangan beli yang asal murah ya. Pengalamannya Alif dulu, beli yang murah ternyata karetnya ketat banget, akhirnya gak kepake. Atau beli yang karetnya kayak karet kaos kaki gitu, lebih aman.

NB: Ohya, untuk baju-baju bayi, saya gak beli buat newborn semua tapi saya bagi ada yang newborn ada yang untuk 3 bulan ke atas karena bayi itu kan cepet banget gedenya. Selain itu bayi pake baju kegedean juga tetep lucu, jadi mending kegedean bisa dipake lama daripada ngepas tapi cuma sebentar.

5. Popok Bayi

- Cloth Diapers, udah beli merk Little Hippo tapi kayaknya masih kurang deh. Pengen nyoba merk lain juga tapi kok saya udah jatuh cinta sama Little Hippo ya? Hehe. Ohya, dulu saat Alif bayi, saya sok iya banget beli segala jenis popok kain dari yang popok tali, alas ompol, sampe clodi. Dan yang kepake cuma clodi doank karena lebih praktis. Jadi sekarang mah buat popok kainnya langsung manteb beli clodi aja.
- Disposable Diapers, yaa maap ya saya emang bukan emak-emak yang 100% go green jadi tetep bergantung pada disposable diapers, hehe. Masih galau mau beli merk apa, kayaknya sih merries, pampers, atau goon. Cari yang slim dan ada indikatornya lah pokoknya.

6. Lain-lain

- Gendongan, buat newborn saya prefer pakai ringsling tapi ada rencana mau beli SSC juga. Untuk saat ini sih udah beli ringsling Nana yang linen. First impresion, kainnya adem dan ringnya kelihatan kuat. Harganya Rp 180 ribu.
- Diapers Bag, Alif dulu gak beli diaper bag karena baca-baca kesaksian ((KESAKSIAN)) para mommy katanya diapers bag itu bisa pake tas biasa aja. Ternyata begitu Alif lahir dan saya pake tas seserahan suami pas nikah, baru dipake bentar udah jebol karena sering diabuse sama perlengkapan bayi yang segambreng, wkwkwk. Selain itu kalau tas biasa kantong-kantongnya cuma dikit jadi semua barang langsung dimasukkin gitu aja. Bikin susah pas nyari sesuatu, kudu ngubek-ngubek sesisi tas. Diapers bag ini udah beli juga, merk Buccu. Modelnya kekinian, gak kayak tas bayi. Harganya murah banget, cuma Rp 200 ribu. Tinggal lihat aja kualitasnya gimana.
- Bed Set, biar si bayi tidurnya gak satu seprei sama yang gede. Saya gak beli box bayi karena bakal menuh-menuhin rumah dan melihat pengalamannya Alif dulu yang gak mau sama sekali ditaruh di box. Daripada mubadzir kaaan? Mending beli bed set atau bantang guling khusus bayi doank aja.
- VCO, buat jaga-jaga kalau bayi terkena ruam. Saya agak parno mau makein cream-cream.an karena Alif dulu waktu kena ruam dikasi cream malah tambah parah.
- Detergent Bayi
- Drawer, buat lemari bayi
- Stroller, buat gaya-gayaan, haha. Mengingat saya ini bukan anak mall atau yang sering jalan-jalan banget, sebenarnya stroller ini gak terlalu penting sih. Tapi ya pengen aja buat kalau ngemall atau ke car free day gitu, biar lebih praktis kalau bawa anak 2 kaan? Karena gak yang urgent banget jadi maunya beli yang murah-murah aja dan gak harus dibeli sekarang juga. Dipikir sambil jalanlah.

Udah sih kayaknya itu doank list perlengkapannya, ada beberapa barangnya Alif bayi yang masih bisa terselamatkan alias gak ilang kayak perlak, bouncher dan jemuran bayi (dikit amat ya yang gak ilang?hehe). Total sampai sekarang yang udah kebeli baru baju kancing depan beberapa, clodi, baby bather, gendongan ringsling, sama diaper bag. Masih kurang buanyaaakkk, moga minggu depan udah bisa lengkap semua (cc: pak suami).

Ohya, sebagian besar perlengkapan bayinya saya beli online di market place atau online shop, kalau beli langsung ke toko dijamin bakal tambah lama lagi nungguin pak suami ada waktu lowongnya.

3 comments:

  1. Bookmaaaarrkkk hahai
    Hmmm saat ini aku lg mikir keras klo ga baby box, diganti set bsntal guling bapake ditaruh dmn yak ntar wkkkkkk

    ReplyDelete
  2. Aku bedong ma popok kain dapat sumbangan byk ni dr kakak n ipar, plg beli 1 2 ajah hihi
    Etapi blom beli ding

    ReplyDelete
  3. honor ngeblob belum cair2 juga hahahah #salfok
    Aku blm beli apa2 buat adeknya Raya, ntar aja lah.. bedong, dll masih ada sisa2 jaman perjuangan Raya, ntah kenapa hamil ke 2 ini lebih santai & woles :D
    Semoga lancar2 lahirannya ya bumiiiilll

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES